Hayden Panettiere Menderita Gangguan Kejiwaan Ini Setelah Adiknya Meninggal

Binsar Hutapea | 19 September 2024 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hayden Panettiere mengalami agorafobia setelah saudaranya laki-lakinya meninggal dunia. Agorafobia sendiri adalah jenis gangguan kecemasan yang membuat penderitanya selalu ingin menghindari situasi yang menimbulkan ketakutan dan kepanikan yang hebat.

Aktris berusia 35 tahun ini kehilangan sang adik, Jansen, yang berusia 28 tahun, pada Februari 2023. Hayden kini mengungkapkan bahwa tragedi tersebut berdampak secara fisik pada dirinya.

"Saya jadi sangat gemuk. Tidak peduli apa yang saya lakukan atau apa yang saya makan. Saya tahu stres dan kadar kortisol yang mengalir dalam tubuh bisa menyebabkan itu," dia mengatakan kepada PEOPLE

"Sekarang saya berpikir tubuh saya sedang melindungi dirinya sendiri, menjauhkan diri dari dunia."

Adapun Jansen meninggal karena jantung membesar yang tidak terdiagnosis, dan Hayden yakin bahwa kematian adiknya adalah penyebab kenaikan berat badannya.

"Dia adalah satu-satunya saudara saya, dan adalah tugas saya untuk melindunginya. Ketika saya kehilangan dia, saya merasa kehilangan setengah jiwa saya... Saya akan selalu patah hati tentang (dia), saya tidak akan pernah bisa mengatasinya. Tidak peduli berapa tahun berlalu, saya tidak akan pernah bisa melupakan kehilangannya," lanjutnya. 

Pada satu titik keadaan semakin memburuk, dan dia nyaris tidak bisa meninggalkan rumahnya.

"Saya tidak mengenali diri saya sendiri. Agorafobia saya muncul, yang merupakan sesuatu yang sudah saya perjuangkan di masa lalu."

Bintang serial Heroes — yang juga sukses sebagai penyanyi — ini menambahkan: "Berkembang di industri ini membuatmu takut jika tidak terlihat baik saat melangkah keluar."

"Itu mulai terjadi pada saya ketika saya berusia 16 tahun, di mana Anda sudah berada pada usia di mana Anda tidak merasa baik tentang tubuhmu yang sedang berubah — dan Anda tentu tidak perlu pria dewasa mengomentari (ketidakamanan) kita."

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait