Miley Cyrus Digugat karena Dituding Menjiplak Lagu Bruno Mars

Supriyanto | 20 September 2024 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Miley Cyrus digugat karena lagunya, Flowers dituding menjiplak lagu Bruno Mars, When I Was Your Man. Gugatan diajukan oleh Temp Music Investments sebagai pemegang hak cipta atas lagu When I Was Your Man.

Dalam gugatan yang diajukan menyebutkan,   lagu Flowers mengeksploitasi elemen-elemen melodi, harmoni, bahkan lirik dari lagu Bruno Mars yang dirilis pada 2013.

Meski iramanya terdengar berbeda, penggugat merasa yakin jika Miley Cyrus, bareng penulis lagu Gregory Hein dan Michael Pollack menggarap lagu tersebut terinspirasi dari lagu Bruno Mars.

Tudak hanya Miley Cyrus dan timnya, gugatan juga diajukan pada beberapa perusahaan besar seperti Sony Music Publishing, Apple, Target dan Walmart karena mendistribusikan lagu Flowers, yang sempat viral dan pecahin rekor streaming.

Walau banyak yang merara tidak ada kemiripan antara lagu When I Was Your Man dan Flowers, gugatan tersebut justru membedah bagian-bagian kunci, mulai dari melodi, harmoni, hingga bass-line yang katanya punya pola sama. 

Bahkan, baris vokal pembuka di chorus Flowers dituding terlalu mirip dengan lagu Mars.

"Flowers menduplikasi banyak elemen dari When I Was Your Man, termasuk desain nada, progresi akord, dan beberapa bagian chorus,” tulis gugatan tersebut.

Mereka juga berargumen Flowers tidak akan bisa sukses tanpa 'mengambil' beberapa elemen dari lagu Bruno Mars.

Dalam gugatan yang diajukan,  Temp Music Investments juga meminta ganti rugi US$ 150 ribu per pelanggaran, atau sekitar Rp 2,3 miliar. Jumlah yang dutuntut bisa bertambah mengingat popularitas Flowers yang luar biasa, terutama dari jumlah streaming yang mencapai rekor.

Sampai sekarang belum ada tanggapan resmi dari Miley Cyrus atau timnya terkait tudingan menjiplak lagu When I Was Your Man.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait