NewJeans Jadi Girlband K-Pop Terpopuler di Amerika setelah Blackpink

Supriyanto | 26 Desember 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Girlband asal Korea Selatan yang baru setahun debut, NewJeans mendapat perhatian besar dari pecinta musik di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu, grup yang beranggotakan Minji, Hanni, Haerin, Danielle, dan Hyein ini masih bertengger di chart Billboard 200.

Billboard 200 merupakan tangga lagu paling populer di Amerika Serikat yang dirilis setiap pekan. Di akhir pekan 23 Desember 2023, NewJeans dengam album Get Up membuktikan kekuatan mereka yang menanjak ke peringkat #138.

Get Up adalah album mini (EP) kedua NewJeans yang sukses dengan lagu-lagu seperti Super Shy dan ETA. Kedua lagu tersebut sampai saat ini bahkan masih menjadi terfavorit di chart domestik Korea Selatan, Melon.

Ini menjadi minggu ke-21 girlband NewJeans di chart Billboard 200. Menjadikan mereka grup K-Pop kedua setelah BLACKPINK yang berhasil bertahan 26 minggu di chart tersebut dengan album THE ALBUM yang dirilis tahun 2020.

Pekan pertama perilisan Get Up juga mencetak rekor buat NewJeans di chart Billboard 200. Mereka menjadi grup K-Pop cewek tercepat yang menempati peringkat #1 di chart Billboard 200.

Kini NewJeans menjadi artis K-Pop ketiga yang berhasil bertahan lebih dari 20 pekan di chart tersebut. Selain BLACKPINK ada juga BTS.

Sebelumnya NewJeans mencetak sejarah sebagai girl grup K-pop pertama yang tampil di Billboard Music Awards (BBMA) pada 19 November 2023 lalu di Amerika Serikat. Ini akan menjadi penampilan pertamanya di acara penghargaan tersebut.

Tak heran jika NewJeans mendapatkan kesempatan sebesar ini, album terbaru mereka telah berhasil menduduki puncak tangga lagu dan mendapat rating tertinggi di banyak platform musik.

Tak hanya sebagai pengisi acara, NewJeans juga mendapat berbagai nominasi Billboard Music Awards 2023. Mereka masuk dalam beberapa nominasi.

NewJeans menjadi girl grup K-pop dengan nominasi terbanyak di Billboard Music Awards tahun ini, dengan total empat nominasi dalam tiga kategori.

Kategori yang didapat adalah Top Global K-Pop Artist, Top K-Pop Album (untuk “Get Up”), dan Top Global K-Pop Song (untuk “Ditto” dan “OMG”).

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait