Netizen Kepo Tanya soal Menstruasi Idola K-pop, Begini Jawaban Daisi Eks Momoland

Binsar Hutapea | 29 Agustus 2024 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Idola K-pop sering kali tertutup tentang kehidupan pribadinya. Namun mantan rapper Momoland, Daisy, baru-baru ini membagikan beberapa cerita tentang pengalamannya di industri hiburan via TikTok.

Pada Rabu (28/8), saat sedang merias wajahnya, mahasiswa berusia 25 tahun ini menjawab pertanyaan dari seorang penggemar mengenai bagaimana idola menangani menstruasi mereka, “apakah mereka mengalaminya atau menghentikannya”.

Sebelum menjawab, Daisy mengatakan bahwa dia telah ditanya tentang hal itu “ratusan kali minggu ini”. Daisy mengaku bingung karena menurutnya, “itu sebenarnya sama saja dengan orang lain.”

“Sayangnya, kita sebagai masyarakat telah memutuskan bahwa orang yang mengalami menstruasi tetap harus bekerja, jadi kami semua mengalaminya,” tambahnya.

Daisy juga mencatat bahwa banyak netizen di kolom komentarnya berspekulasi apakah idola tidak mengalami menstruasi karena mereka kekurangan berat badan.

Meskipun dia setuju bahwa sering kali menstruasi berhenti ketika seseorang kekurangan berat badan, dia tidak mengetahui apakah ada orang yang mengalaminya secara pribadi.

“Tapi ya, kebanyakan dari kami hanya berusaha bertahan, minum obat, dan menggunakan tampon. Sayangnya, tidak ada obat ajaib, maaf,” tambahnya.

Mengenai kemungkinan kebocoran, Daisy mengatakan bahwa idola sering kali memiliki celana cadangan atau bisa memberi tahu stylist mereka bahwa mereka sedang menstruasi dan tidak bisa memakai pakaian putih, misalnya.

Daisy juga mengatakan bahwa tampon tidak umum digunakan di Korea Selatan, dan meskipun semakin banyak orang menggunakannya sekarang, tampon bahkan kurang umum saat dia masih menjadi trainee.

Pernah sekali waktu, seorang trainee lain sedang menstruasi dan secara aneh meminta Daisy membantunya memasang tampon, yang disetujui oleh Daisy.

“Saya mencoba membantunya memasangnya, tapi sayangnya, hari itu tidak berhasil, maaf. Itu seperti pelajaran anatomi bagi saya.”

Mengenai menstruasinya sendiri, Daisy mengatakan bahwa dia dulu mengalami kram hebat saat di sekolah menengah dan SMA sampai dia “terus-menerus muntah” dan bahkan pingsan di kamar mandi.

Meskipun dia khawatir tentang bagaimana kram menstruasinya akan mempengaruhi kehidupannya sebagai idola, Daisy merasa terkejut dan senang ketika menstruasinya menjadi sangat teratur dan bebas rasa sakit setelah debut.

“Saya tidak tahu apakah ini masalah mental di mana saya meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya sebenarnya tidak merasakan sakit, tapi ternyata itu berhasil bagi saya pada akhirnya, jadi saya tidak mengeluh,” katanya.

Sejak Daisy meninggalkan Momoland pada tahun 2019 dan kembali ke “gaya hidup normalnya”, kram menstruasinya telah kembali dengan kekuatan penuh.

“Rasanya seperti tubuh saya merindukan stres dan kelaparan,” ujarnya sambil merias maskara.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait