Bintang The Double, Wang Xingyue Kuliah di Usia 15 Tahun Bikin Netizen Ragu

Alexandra Yaya | 12 Juli 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wang Xingyue aktor muda asal Tiongkok  ini menarik perhatian publik sejak memerankan sosok Duke dalam drama China klasik The Double, yang kini tayang di Netflix dan YOUKU.

Di balik pujian atas aktingnya sebagai bangswan di masa Cina kuno, Wang Xingyue juga menjadi pergunjingan. Ini terkait salah satu informasi personal yang menyebut kalau Xingyue mulai kuliah di usia 15 tahun. Ini menjadi kontroversi tersendiri.

Netizen di Cina jadi dibuat penasaran, usia 15 tahun sudah kuliah? Dan mereka pun melakukan penelusuran mendalam tentang latar belakang sang aktor. Mencari bukti apakah benar Xingyue lahir di tahun 2002, seperti yang tertera pada biodata resmi.

Namanya netizen, di belahan dunia manapun ternyata bekerja cepat. Mereka langsung menemukan beberapa fakta, pertama,  bahwa ia dilahirkan dengan nama Wang Tao, dan memang lahir pada 2002 di kota Yueyang, Hunan.

Data yang didapat juga menunjukkan, Xingyue mengambil tes masuk perguruan tinggi jurusan seni di usia 15 tahun, kemudian diterima di Akademi Pusat Drama di Beijing. Pada usia 18 tahun Xingyue menandatangani kontrak dengan Huanyu Entertainment. Agensi yang menaunginya sampai hari ini.

Mengenyam Pendidikan tinggi di usia yang masih belia, Xingyue berulang kali diragukan. Banyak yang berpikir, jangan-jangan Xingyue aslinya bukan 22 tahun, tapi lebih dari pada itu. Beberapa artis pasalnya kerap membuat usianya lebih muda demi karier di dunia hiburan.

Xingyue sendiri tidak pernah menanggapi rumor ini. Belakangan, seorang netizen mengunggah ke dunia maya foto tiket kereta Xingyue, dimana tercantum tahun kelahirannya: 2002.

Kemudian salah satu penggemar mengunggah tangkapan layar berupa bukti dokumen penerimaan Xingyue di perguruan tinggi. Tertera di sana nomor: 43060220, yang diduga adalah nomor identitas keamanan sosial

Di Cina, angka pertama hingga keempat pada nomor keamanan sosial menunjukkan kode distrik, sementara angka paling belakang adalah tahun kelahiran. Yang mana menunjukkan “20”. Ini artinya dia memang lahir di tahun 2000.

Seorang dosen yang memfasilitasi ujian masuk universitas di  masa itu juga telah bicara untuk membenarkannya. Menurut Zhao, betul bahwa Xingyue memasuki perguruan tinggi di usia 15. Disertakan juga bukti foto. 

Saat ditanya, apakah mungkin, masuk dalam ujian masuk perguruan tinggi di usia 15 tahun? Sang dosen menjawab, “Kenapa tidak?” Banyak alasan, bisa saja karena calon mahasiswa tersebut memang jenius, di atas rata-rata misalnya.

Penulis : Alexandra Yaya
Editor: Supriyanto
Berita Terkait