Kisah Jet Li Belajar Ilmu Bela Diri Supaya Bisa Makan 3 Kali Sehari

Binsar Hutapea | 9 September 2024 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sutradara Hong Kong Wong Jing belum lama ini meluncurkan kanal YouTube bernama Wong Jing World di mana ia membagikan berbagai cerita dan rahasia industri hiburan yang jarang diketahui.

Dalam episode terbaru yang dirilis akhir pekan lalu, pria berusia 69 tahun itu mengungkapkan sisi lain dari legenda seni bela diri Jet Li, yang berusia 61 tahun.

Wong Jing mengatakan bahwa kolaborasi masa lalunya dengan Jet selalu menyenangkan, dan menurut pendapatnya, bintang yang ia gambarkan sebagai seseorang yang "sangat halus, sangat tenang, dan secara emosional sangat stabil" adalah ahli seni bela diri yang paling berpengetahuan.

Ketika ditanya bagaimana sosok pribadi Jey, Wong Jing berbicara panjang lebar. 

"Dia memiliki karakteristik yang mirip dengan Stephen Chow — Jet Li juga jelas membedakan antara kepentingan pribadi dan persahabatan. Sutradara Corey Yuen bahkan memberitahu saya, 'Jangan berpikir kamu bisa memanfaatkan Jet Li, tapi dia juga tidak akan memanfaatkanmu'," ungkapnya.

Wong Jing secara jujur mengakui bahwa meskipun Jet memprioritaskan kepentingannya sendiri, hal itu bisa dimengerti.

Berbeda dengan Stephen, yang “menghargai uang lebih dari persahabatan”, Jet adalah teman yang layak dipertahankan dan memiliki karakter yang baik — seorang pria yang memperlakukan keluarganya dan istrinya dengan sangat baik .

Ia menambahkan bahwa bahkan ketika Jet menolak tawaran kerja atau jika kolaborasi tidak berhasil, sikapnya selalu sangat baik.

Meskipun Jet secara luas dianggap sebagai salah satu bintang seni bela diri paling terkenal dari generasinya, ia tidak pernah berlatih di Kuil Shaolin.

“Selain (aktor Tiongkok) Wang Baoqiang dan Shi Xingyu, yang benar-benar berasal dari Kuil Shaolin, yang lainnya belum pernah ke sana,” ungkap Wong Jing.

Ternyata, Jet, yang dibesarkan dalam kemiskinan, mulai belajar seni bela diri di tim wushu sejak usia muda agar bisa mendapatkan tiga kali makan sehari.

Dia berpartisipasi dalam wushu kompetitif dan merupakan juara wushu Tiogkok lima kali pada pertengahan tahun 1970-an.

“Ketika Jet mengambil senjata apapun dan berlatih gaya seni bela diri apapun, bahkan jika dia belum pernah mempelajarinya sebelumnya, dia cepat menguasainya, dan selalu memiliki rasa yang tepat,” kata Wong Jing.

Baginya, selain Jackie Chan, Jet adalah bintang seni bela diri Tiongkok yang paling sukses di Hollywood.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait