Nonton Dokumenter Netflix MH370: The Plane That Disappeared, Keluarga Korban Terus Berharap

Redaksi | 10 Maret 2023 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Netflix menghadirkan film dokumenter 3 episode MH370: The Plane That Disappeare, yang coba menguak misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Pesawat yang membawa 239 orang, 227 penumpang dan 12 awak, itu terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014. Tapi tak lama setelah lepas landas, sesaat setelah meninggalkan Malaysia dan akan memasuki wilayah Vietnam, pesawat menghilang dari layar radar. Kepala keamanan penerbangan Malaysia Airlines pun dipanggil. Tak ada yang tahu apa yang terjadi pada pesawat itu. Sampai pagi saat seharusnya mendarat di Beijing, pesawat tak tampak. Beberapa jam kemudian saat diperkirakan bahan bakar habis, pesawat juga belum diketahui keberadaannya. Pencarian besar-besaran pun dilakukan.

Dalam dokumenter yang tayang di Netflix mulai 8 Maret kemarin, menampilkan wawancara dengan banyak sumber, dari otoritas di Malaysia, ketua tim pencarian, jurnalis pengamat penerbangan, juga keluarga korban. Jeff Wise, jurnalis pengamat penerbangan, salah satu narasumber yang dihadirkan. "Pesawat terbang, naik atau turun, tapi tidak menghilang," katanya tak habis pikir. Dia lalu membuat semacam dugaan apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat itu. Kapten pesawat bisa jadi sengaja membuat pesawat itu menghilang dengan membuat pesawat jatuh menukik ke laut dalam. Tapi teori ini tak terlalu meyakinkan. Seorang wanita yang bekerja di Malaysia Airlines, yang suaminya ikut menjadi korban, tak terlalu percaya dengan teori itu. Tak mungkin kapten pesawat sengaja bunuh diri dengan mengorbankan banyak penumpang. Pemerintah Malaysia sempat menyelidiki kediaman kapten ini dan menyita beberapa barang bukti yang dianggap bisa jadi petunjuk. Tapi tak ada petunjuk yang meyakinkan.

Kemungkinan lain, ada peran agen Rusia dalam tragedi ini. Dengan kemampuan yang dimiliki si agen bisa jadi menyusup ke ruang kendali dan lalu mengendalikan pesawat. Kalau itu benar, lalu dibawa ke mana pesawat itu? Mungkin pesawat didaratkan di satu tempat di wilayah Russia. Teori ini juga meragukan. Sulit sekali menyembunyikan pesawat dengan ratusan penumpang di dalamnya.

Teori lain, ada campur tangan Amerika. Seorang jurnalis Perancis yang mengemukakan teori ini. Dalam teorinya, pesawat Amerika yang dilengkapi peralatan canggih mendekati MH370, dan lalu mengendalikan pesawat dari jarak jauh. Lalu apa? Membawa pesawat ke satu tempat, atau menembaknya? Teori ini juga tak terlalu meyakinkan. Lagi-lagi sulit menghilangkan jejak pesawat sebesar MH370. Kalau pun pesawat ditembak dari jarak jauh, puing-puingnya pasti akan ditemukan di satu tempat.

Dokumentar juga ini menghadikan wawancara dengan seorang pria Perancis yang anak dan istrinya menjadi korban dalam tragedi ini. Dia mengaku pernah dihubungi seseorang yang memberi tahu bahwa Amerika tahu apa yang terjadi dengan pesawat MH370, dan dia mempercayainya. Sampai sekarang pria yang kehilangan istri dan dua anaknya itu masih mencoba mencari kebenaran di balik musibah ini. Sangat mengharukan melihat bagaimana keluarga korban masih terus berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan pesawat ini. Seorang wanita Australia yang suaminya jadi korban, pertama kali mengetahui kejadian ini saat ada wartawan menelepon. Bisa dibayangkan betapa menguncangkan mendengar kabar pesawat yang ditumpangi suaminya hilang dari wartawan? Kemarahan keluarga korban, yang menganggap pemerintah Malaysia tak terbuka dalam kasus ini, juga banyak ditampilkan.

Seorang penjelajah yang mengaku menemukan serpihan pesawat MH370 juga diwawancarai. Pria yang mengaku melakukan pencarian dengan biaya sendiri ini, mengaku menemukan serpihan MH370 di Perancis. Beberapa keluarga korban tampak mengapresiasi upayanya. Tapi tidak semuanya percaya. Seorang warga Malaysia yang suaminya ikut jadi korban, sepertinya tak percaya dengan temua ini.

Sudah delapan tahun berlalu, misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 belum juga terkuak. Pemerintah Malaysia sudah lama menghentikan upaya pencarian. Tapi tidak dengan keluarga korban. Mereka terus berharap satu saat nanti ada kabar keberadaan pesawat ini ditemukan. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait