5 Cara Membangun Kembali Kepercayaan setelah Anda Dikhianati Pasangan

Binsar Hutapea | 23 Oktober 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kita semua pernah dikhianati atau terluka oleh orang yang kita cintai. Tidak pernah mudah untuk memaafkan atau melupakan kesalahan mereka. Begitu kepercayaan hancur, sulit untuk memperbaikinya, tetapi bukan tidak mungkin. Jika Anda ingin hubungan Anda berhasil dan memberi kesempatan lagi, mungkin dibutuhkan usaha dari kedua belah pihak. Memahami alasan di balik pengkhianatan dan proses memaafkan dapat memainkan peran penting dalam membangun kembali kepercayaan. Di sisi lain, orang yang telah mengkhianati harus memastikan mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Berikut adalah 5 cara untuk membangun kembali kepercayaan setelah pengkhianatan dalam hubungan:

1. Komunikasi yang Transparan  
Langkah pertama dalam membangun kembali kepercayaan dalam hubungan adalah komunikasi yang transparan. Pasangan yang terluka mungkin merasa rentan dan sensitif. Penting untuk berbicara satu sama lain tentang posisi masing-masing. Ungkapkan perasaan, kekhawatiran, dan emosi Anda, lalu maju bersama. Saat kita berbicara tentang komunikasi yang transparan, itu berarti kedua pasangan harus jujur dan terbuka satu sama lain.

2. Mengambil Tanggung Jawab
Anda perlu mengambil tanggung jawab penuh atas kesalahan Anda, daripada membela atau berdebat tentangnya. Ambil tanggung jawab atas tindakan Anda dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Ini menunjukkan kesediaan Anda untuk mengubah situasi dan bertindak. Minta maaf kepada pasangan Anda, dan daripada membuat janji palsu, lakukan tindakan nyata.

3. Membangun Kedekatan Emosional
Kedua pasangan harus berusaha untuk kembali dekat secara emosional. Membangun kembali kepercayaan bisa menjadi proses yang menantang. Anda harus bekerja pada kedekatan emosional dengan berkomunikasi, membuka diri, menghabiskan waktu bersama, dan terlibat dalam aktivitas yang dapat membantu membangun kepercayaan kembali.

4. Memberi Ruang dan Waktu  
Memberi 100 panggilan dan pesan teks yang terlewat tidak akan memperbaiki segalanya. Setelah mengambil tanggung jawab penuh atas tindakan Anda, Anda perlu memberi pasangan ruang dan waktu untuk sembuh. Proses ini memerlukan waktu. Pada akhirnya, pasangan Anda akan terbuka kepada Anda. Penyembuhan dari pengkhianatan memerlukan waktu, dan mereka perlu memproses emosi mereka. Anda harus bersabar dan menunggu respons mereka.

5. Memaafkan
Ini bisa menjadi langkah yang paling menantang. Memaafkan harus diperoleh, dan niat yang tulus untuk memperbaiki kesalahan harus ada. Penting untuk memberi pasangan waktu untuk berpikir, memproses, dan kemudian membuat pilihan. Ketika Anda memaafkan seseorang, Anda tidak bisa membawa rasa sakit tersebut ke depan. Anda perlu melepaskan dan memberi mereka kesempatan baru. Kedua pasangan perlu bekerja sama untuk sembuh dan melangkah maju.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Supriyanto
Berita Terkait